Minggu, 21 November 2010

Kabupaten Kutai Timur

Kabupaten Kutai Timur memiliki 18 wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Sangatta (ibukota Kabupaten/Ibukota Kecamatan Sangkulirang), Kec. Muara Bengkal, Kec. Muara Ancalong, dan Kec. Muara Wahau,Telen, Sandaran, Busang, Kaliorang, Kongbeng, Bengalon, Rantau Pulung, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Karangan, Kaubun, Batu Ampar dan Long Masengat dan dengan memiliki 135 desa.

POSISI STRATEGIS KUTAI TIMUR :

POSISI KUTAI TIMUR PADA KONSTELASI REGIONAL KALIMANTAN BERADA:
PADA JALUR POROS REGIONAL LINTAS TRANS KALIMANTAN YANG MENGHUBUNGKAN JALUR TANJUNG SELOR-TANJUNG REDEB KE SAMARINDA (IBUKOTA PROVINSI) - BALIKPAPAN DAN KABUPATEN PASIR KE PROVINSI KALSEL, KALTENG DAN KALBAR.
•PADA KONSTELASI NASIONAL MENGHADAP KE ARAH SELAT MAKASSAR YANG MERUPAKAN JALUR PELAYARAN NASIONAL, REGIONAL DAN INTERNASIONAL.
•DALAM LINGKUP PROPINSI, KEBERADAAN KABUPATEN KUTAI TIMUR PADA JALUR POROS REGIONAL LINTAS TRANS KALIMANTAN YANG MENGHUBUNGKAN JALUR TARAKAN (KOTA ORDE II) – TANJUNG SELOR – TANJUNG REDEB KE SAMARINDA (KOTA ORDE I – IBUKOTA PROPINSI) – BALIKPAPAN (KOTA ORDE I) – KABUPATEN PASIR – KALIMANTAN SELATAN, KALIMANTAN TENGAH DAN KALIMANTAN BARAT SEHINGGA POSISI STRATEGIS INI BERPOTENSI UNTUK :
1.MENJADIKAN IBUKOTA KABUPATEN KUTAI TIMUR YAITU KOTA SENGATA BERFUNGSI SEBAGAI KOTA TRANSIT.
2.AKSES KELUAR WILAYAH CUKUP TERBUKA SEHINGGA MEMBUKA PELUANG PEMASARAN HASIL SDA DARI KUTAI TIMUR

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar